KECENDERUNGAN BELAJAR PADA ABAD PENGETAHUAN (KNOWLEDGE AGE)
Rindyah Hanafi
Abstrak: Menghadapi Pendidikan pada
abad ke-21 yang sering disebut Abad Pengetahuan, harus memahami dunia dimana manusia tinggal.
Dengan demikian dapat diketahui kecenderungan perkembangannya. Kehidupan di abad
ke-21 menuntut perlunya kemampuan untuk berpikir kritis tentang dunia ini dan kemampuan
untuk mengambil keputusan cerdas berdasarkan informasi dalam isu-isu pribadi
dan kemasyarakatan. Pekerjaan akan sangat membutuhkan keterampilan tingkat
tinggi dan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, mengemukakan gagasan,
dan bekerja sama. Untuk itu diperlukan
berbagai ketrampilan yang luas atau sering disebut dengan life skill pada siswa. Life skill pada abad
pengetahuan mempunyai perbedaan pengertian dengan ketrampilan yang diberikan
pada sekolah kejuruan. Siswa dituntut
untuk mampu berkomunikasi secara
luas, kreatif, kolaboratif, dan sebagainya. Selain peran guru untuk menjawab
tantangan abad pengetahuan dibutuhkan profesionalisme diantaranya
mampu memfasilitasi, membimbing,
dan menjadi konsultan siswa.
Kata kunci: abad pengetahuan, life skill, profesionalime guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar